Minggu, 08 Maret 2009

Farewell MKG 3, Thank you for everything




Genap 4 hari sudah aku menempati pos baru pekerjaanku. It's still the same position, same job description, same responsibilities but it's definetely different store to handle, different classification of store, different type of customers and of course more complicated and more challenging. Store yang aku pegang sekarang termasuk dalam kategori the best 5 in sales.

Tanggal 3 Maret yang lalu aku serah terima dengan RM yang lama. Serah terima tersebut melibatkan 3 RM dan tentunya 3 store (Pak Deny from ITC Cempaka Mas to MKG 3, Pak Hasan from Arion to ITC Cempaka Mas dan me, myself, from MKG 3 to Arion). Serah terimanya sendiri berlangsung singkat dan tidak berlama-lama. Tetapi acara tersebut berubah menjadi lama karena kami (Pak Deny, Pak Hasan dan aku) ngobrol ngalar-ngidul dulu setiap selesai serah terima satu store. Siapa bilang ngegosip hanya monopoli kaum perempuan? hyyuuuk...

Pada saat pertama kali mengetahui akan dimutasi ke Arion dan meninggalkan MKG 3, ada perasaan sedih dan berat hati untuk meninggalkan karyawanku disana. Selama ini aku dan karyawan-karyawan MKG 3 sudah bekerja bahu membahu menjawab tantangan dari perusahaan untuk menjadikan store MKG 3 menjadi lebih baik. Secara sadar atau tidak, telah tercipta ikatan emosi yang cukup kuat antara aku dengan tim di MKG3.

Aku mulai memimpin di MKG 3 sekitar awal Januari 2005. Pada saat itu klasifikasi store MKG 3 adalah medium store. Tantangan terbesar aku pada saat itu adalah kenyataan bahwa store MKG 3 adalah termasuk the best 10 through 5 criteria. Aku punya tanggung jawab untuk mempertahankan predikat tersebut disamping harus meningkatkan klasifikasi store menjadi lebih tinggi lagi. Dan itu aku sadari bukanlah pekerjaan yang mudah. Tapi aku percaya aku dapat melakukannya.

Hal pertama yang aku lakukan pada saat menempati store tersebut adalah mengadakan konsolidasi dengan staff duty (Asst RM), dan kemudian juga dengan karyawan disana. Kepada mereka aku menjabarkan secara general frame arah kebijakanku disana. Aku berkeinginan untuk membuat tim yang solid terlebih dahulu. Dalam pandanganku, teamwork building menjadi keniscayaan apabila kita ingin mencapai setiap goal dari perusahaan secara efektif dan efisien. Dan teamwork building merupakan suatu proses yang berkesinambungan dalam menjawab setiap tantangan yang selalu berubah-rubah.

Seperti perkiraanku sebelumnya, ini memang bukan tugas yang mudah. Pada awal kepemimpinanku disana, ada saja beberapa orang (walau jumlahnya kecil) yang coba-coba 'menantang' kebijakanku. Dalam hal ini aku harus bertindak tegas, dimana aku tidak mentolerir setiap kesalahan yang vital dalam prosedur dan PKB dan kesalahan yang berdampak luas terhadap arah objektif perusahaan. Dan sebagai dampaknya, beberapa orang terpaksa harus dikeluarkan karena melanggar peraturan perusahaan.

Dalam memproses PHK seorang karyawan, selalu mendatangkan dilema buatku. Dari sisi moral, aku merasa merenggut hak mereka atas penghasilan mereka. Tetapi dari sisi tugas dan tanggung jawab, aku mempunyai kewajiban untuk memastikan jalannya store yang aku pimpin di atas rel peraturan dan prosedur perusahaan. Dan dalam hal ini sikapku sangat jelas: bekerja sebaik mungkin sesuai tanggung jawab yang aku pegang dan mencegah terjadinya wanprestasi.

Karena itu aku senantiasa untuk mendisiplinkan diri dihadapan karyawanku. Aku berharap, mereka dapat mengikutinya untuk diri mereka sendiri. Aku menanamkan sikap bertanggung jawab kepada mereka dengan cara yang mungkin mereka tidak sadari. Aku 'menantang' mereka untuk melaporkan kepada atasanku setiap perbuatanku dalam bertugas yang menyimpang dari peraturan perusahaan. Dengan sendirinya mereka juga harus mendisiplinkan diri dalam bekerja. Aku juga menumbuhkan sikap demokratis di store tersebut. Sehingga aku sangat terbuka terhadap kritik dari mereka, yang kadang-kadang kritik tersebut berisi masukan-masukan yang bersifat potensial dalam membangun kemajuan store kami.

Hasilnya cukup mencengangkan. Tiga tahun setelah aku pegang store MKG3, banyak terjadi perubahan-perubahan yang mengagumkan. Store kami naik klasifikasinya dari medium store menjadi large store. Sales meningkat sebesar 50% lebih (dibanding saat pertama aku pegang). Nilai CHAMPS sempurna untuk hampir 3 tahun berturut-turut (hanya 1 kali dibawah seratus). Kami sering mendapatkan bonus dari perusahaan. Dan puncaknya, store kami menjadi store dengan predikat outstanding performance thru' Balance Score Card in 2007. Dan itu membawaku menjadi an elite member of YUM Restaurant Internasional yang sertifikatnya dianugerahi di Beijing, China, tahun 2008 yang lalu. Membanggakan!

Mission Accomplished.

Terima kasih store MKG 3.
Terima kasih timku yang luar biasa.
Kalian membuatku bangga .
Kalian membuat mutasi ini menjadi lebih berat dan penuh emosi untuk dilakukan.
Akan tetapi aku bisa meninggalkan kalian dengan senyum dibibir dan kepala yang tegak.
Aku percaya kalian akan tetap menjadi yang terbaik, siapa pun pemimpinnya.
Terima kasih.
Sekali lagi terima kasih.
Tuhan memberkati kalian semua.

2 komentar:

  1. pride and amazing...
    gw bangga atas prestasi loe Boy yg bisa membuat MKG3 tetap eksis ya.. sama seperti gw yg sejak opening store itu gw memang punya mimpi menjadikan tim MKG 3 sebagai "dream team" dan "champion team" dan itu berhasil dicapai hanya dalam waktu 1.5 tahun dari 2003 ke 2004 akhir.
    Gak sia2 gw kerja keras.. dan hasilnya gw nikmati komitmen itu sampai di t4 yg baru ini (ATR / papanya Shalwa))

    BalasHapus
  2. Thank you mr. Taslim. Adalah satu hal yang membanggakan bisa membuktikan predikat terbaik tetap menjadi yang terbaik. Banyak faktor yang membuat hal tersebut terjadi. Tapi aku rasa kita sepakat pada satu hal: Pencapaian tersebut kita dedikasikan kepada tim MKG 3

    BalasHapus