Senin, 16 Februari 2009

Hari Pertamaku Menulis Di Blog

Ini hari pertamaku nge-blog. And in the matter of fact, I just don't know what to write. I don't have any idea right now. Satu-satunya alasan aku ada di sini adalah karena aku termotivasi oleh seorang teman yang sudah terlebih dahulu punya blog. Seorang teman yang dulunya aku tahu persis suka membaca. Rasanya tidak mengherankan kalau sekarang tulisan-tulisan di blog-nya mampu merubah paradigmaku yang dulu berpikir hanya orang-orang yang narsis yang bikin blog.
Sebenarnya apa yang ditulis oleh sang teman di dalam blog-nya tersebut sangat sederhana. Isinya adalah seputar kegiatan yang dilakukannya sehari-hari, keluarga, teman, pekerjaan ditambah beberapa (sedikit) poin mengenai pemikirannya terhadap suatu hal. Sederhana. Tetapi kejujurannya dalam penceritaan dan bahasa yang digunakan membuat tulisan tersebut menjadi enak untuk dibaca. Indah malah. Tentunya unsur subjektifitas, kenyataan bahwa aku mengenal dia, ikut mempengaruhi penilaianku terhadap tulisannya tersebut.
Dulu (sebelum menikah) aku suka menulis. jumlahnya tidak banyak. Tulisannya pun hanya berupa puisi, cerpen dan narasi-narasi sederhana mengenai pemikiranku terhadap suatu hal (persis seperti punya temanku). Sayangnya, setelah menikah dan pindah dari kos-an untuk tinggal bersama istri (baca: rumah mertua), tulisan-tulisan tersebut banyak yang tidak terbawa. Malah aku musnahkan karena tidak ingin dibaca orang lain. Hanya sebagian kecil dari tulisan tersebut yang masih ada sampai sekarang. Itu pun kebanyakan puisi.
Sekarang aku bisa mulai lagi untuk menulis. Rasanya aku tidak perlu takut lagi akan label narsis. Toh tulisan ini bukan untuk bermaksud pamer, karena memang tidak ada yang patut untuk dipamerkan disini. Ini hanyalah penyaluran hobi. Ini adalah catatan-catatan kecil seseorang yang bukan siapa-siapa. Moga-moga tulisan ini, suatu saat ke depan, bisa menjadi sarana buat aku untuk bernostalgia, introspeksi diri dan berkontemplasi yang berakhir pada pendewasaan diri. Siapa tahu ada yang membacanya kemudian tergugah untuk mulai menulis juga, just like what my friend did to me.
To my friend: Arizaldi Ardal, whereever you are, thank you for open up my mind. God be with you.

1 komentar:

  1. Boy, gw jg pertama kalinya buka blog loe hari ini.
    Kebetulan gw lagi di Serang n ada waktu buat ngeblog lewat computer ponakan gw (rifqi)
    see jg blog gw ya.. (andi taslim)
    Oya Boy klo loe butuh apa aja pesan lewat gw aja. nanti gw bantu termasuk klo loe mo jual sekali lagi apa aja yg loe mo beli atau jual.. Ok deal ya..

    BalasHapus